Kamis, 25 Oktober 2012

HARDWARE
 (PERANGKAT KERAS)



Hardware (perangkat keras) adalah salah satu komponen computer yang sifat alatnya bias dilihat dan diraba secara langsung yang berfungsi mendukung proses komputerisasi.
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Input device (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
6. Device driver (kemudi alat)


1. INPUT DEVICE

Yaitu media memasukkan data dari luar kedalam memori/prosesor untuk diubah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
a) Keyboard.
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.
Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.


b) Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device).
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard


c) Scanner.
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.

d) Joystick
Alat berbentuk tongkat kecil (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse.

e) Joypad / Gamepad
Fungsinya sama dengan joystick hanya bentuknya berbeda, mirip papan kecil yang memiliki pegangan dan diatasnya banyak terdapat tombol-tombol. Juga bisa berfungsi sebagai mouse.

f) Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device).
Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.

g) Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari.
Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.


2. PROCESS DEVICE

Alat Pemroses yaitu alat dimana instruksi-intruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan dalam alat ouput. Alat pemroses terdiri dari central processor atau CPU (central processor unit) dan main memory. Alat-alat yang ada di dalam alat proses, antara lain:

a) Mainboard (Papan Utama)
Mainboard ini berfungsi untuk menempatkan semua alat-alat controller. Termasuk juga Processor, RAM, Power Supply, I/O Controller, Display Controller dan semua alat ditempatkan pada Socket yang telah disediakan oleh Mainboard. Merk; Asus P5Series, Amptron, Compaq, PC Chip, Gigabyte, ECS, Dell, IBM


b) Processor (Contoh; Intel P1, P2, P3, P4, Dual Core,dsb. AMD Duron, Athlon, dsb)
Processor sendiri juga sering disebut CPU, mungkin karena memang semua perintah dan hasil perintah di proses oleh Processor. Semakin tinggi kecepatan dan teknologi Processor, maka semakin baik pula kinerja komputer. Saat ini Intel telah mengeluarkan Processor Intel Core2Duo, Core2Quad, i3, i5, i7, yang mempunyai kemampuan jauh diatas Intel Pentium 4 dan Dual Core. Dipihak Lain AMD pun juga mengeluarkan Processor yang juga sama canggihnya


c) RAM/Memory
Alat ini digunakan untuk membantu prosesor dalam melakukan pekerjaan pengolahan data, selain itu, RAM juga bisa digunakan sebagai alat penyimpanan data yang bersifat sementara (tidak permanen).

Maksudnya data akan hilang jika computer dimatikanTipe-tipe Ram yaitu EDORAM, RDRAM, SDRAM, dan DDR-SDRAM. Dalam RAM, terdapat beberapa chip memory yang digunakan sebagai storagenya. Kapasitas RAM hingga kini telah mencapai 2Gb per keping memory nya


d) Power Supply (Persediaan Daya)
Power Supply berfungsi sebagai sumber daya yang digunakan untuk memperkerjakan semua alat-alat yang ada pada Komputer.

e) I/O Controller
Controller ini untuk mengatur alat yang terhubung dengan Port I/O (Port Serial, PS2, LPT). Contoh alat yang terhubung adalah Mouse PS2, Keyboard P2, Printer LPT, dsb.

f) IDE / SATA Controller dan SCSI Controller Harus Ada
Controller ini untuk mengatur kinerja alat-alat yang terhubung dengan Port IDE atau SCSI / SATA. Alat yang biasa terhubung adalah Harddisk, Floppydisk, CDRom.

g) Display Controller Harus Ada
Controller ini khusus untuk menghasilkan tampilan ke layar monitor ataupun TV. Alat ini sering disebut VGA Card (Kartu VGA) dengan merk Intel, nVidia, S3 Trio, SIS, ATI Rage Series, dsb. Dia memiliki RAM sendiri yang mana semakin besar kapasitas maka semakin halus tampilan dalam program yang menuntut teknologi VGA tinggi. Ex; 1, 2, 4, 8, 16, 32, 64, 128, 224, 256, 512MB.


3. OUTPUT DEVICE
Adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk melihat instruksi yang sedang dilakukan oleh komputer dan untuk melihat hasil pengolahan data komputer. output atau hasil pengolahan data tersebut dapat berupa tulisan, image atau gambar suara dan bentuk yang dapat dibaca oleh mesin.
Macam-macam output device:

a) Monitor
Untuk menampilkan hasil dari proses CPU.


b) Printer
Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.


c) Speaker
Sebagai alat keluaran suara. Kita bisa menggunakan Earphone atau Speaker Aktif biasa.

d) Plotter
Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.


4. STORAGE DEVICE
a) Fixeddisk/Harddisk Drive (Disk Tetap)
Ditempatkan di dalam Chasing CPU, digunakan untuk menyimpan File-File dalam kapasitas sangat besar. Saat ini produksi Harddisk sudah mencapai kapasitas penyimpanan lebih dari 1TB.
1KB = 1024 B
1MB = 1024 KB
1GB = 1024 MB
1TB = 1024 GB

b) Floppydisk Drive,
Floppydisk drive adalah tempat penyimpanan tambahan yang dapat di pindah-pindah/tidak tetap, termasuk Removable disk. Karena kapasitasnya yang hanya 1,44MB sekarang Floppydisk sudah ditinggalkan dan beralih kepada Flashdisk yang saat ini kapasitas hingga 8GB, lebih aman dan bebas perawatan.

c) CD/DVD Drive,


Digunakan sebagai media pembaca CD (Compact Disk/Disket Kepingan) atau DVD. Adapun CD/DVDRW dapat digunakan untuk membaca CD/DVD dan untuk menulis CD/DVD. Kapasitas penyimpanan CD standar adalah 700MB, DVD 1 Layer 4,48GB, DVD 2 Layer 8,15 GB.




5. PERIFERAL (tambahan)

a) Flashdisk
Flashdisk juga termasuk dalam Storage Device, Fungsinya sama dengan Floppydisk, namun mempunyai kapasitas yang besar dan bebas perawatan. Pengalaman saya menggunakan floppydisk sangat merepotkan dan tidak aman, karena harus terjaga dari debu, sinar matahari, air, magnet, dsb. Sering dijumpai Error karena tidak terbaca. Kapasitas Flashdisk beragam mulai 512, 1GB, 2Gb, 4GB, 8GB dan terus berkembang.


b) Bluetooth Adapter
Alat ini mengubah data digital menjadi sinyal radio berfrekuensi tertentu untuk berhubungan dengan alat-alat lainnya seperti HP, PC lainnya, Mouse Bluetooth, Speaker Bluetooth, dsb.


c) TV Tuner (TV Card)
Alat ini berfungsi merubah sinyal RF (sinyal TV) menjadi sinyal digital. Dengan alat ini nonton acara TV di depan komputer tidak menjadi masalah. Biasanya dilengkapi juga dengan Radio.


d)Harddisk Eksternal
Fungsi dan kapasitasnya hampir sama dengan Fixeddisk/Harddisk. Bedanya alat ini bisa dibawa ke mana-mana, karena termasuk Removable Disk.

e) Kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara

Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
1. Sound Card Onboard,
2. Sound Card Offboard
3. Soundcard External,


6. Device Driver (Kemudi Alat)

Semua Hardware yang telah dijelaskan diatas tidak akan berfungsi tanpa Device Driver yang terinstall di dalam System Operasi. Sebagai contoh Printer tidak akan bisa mencetak tanpa Device Driver. Gambaran sederhananya adalah sebagai berikut;
Misalnya kita ingin memasang TV Tuner, kartu sudah terpasang dalam slot PCI. Begitu komputer dihidupkan maka akan ada konfirmasi bahwa ditemukan hardware baru kemudian komputer meminta Device Driver untuk hardware baru tersebut. Ini bisa diartikan bahwa komputer ingin tahu apa nama, fungsi dan bagaimana cara kerja hardware baru tersebut dan meminta kemudi / pengenal yang berupa software (biasanya disertakan dalam paket pembelian alat). Begitu kita memberikan driver berupa file-file software maka komputer akan tahu bahwa nama alat ini adalah TV Tuner, Merk A, terpasang pada slot PCI ke-X, dsb.
Namun demikian, system operasi telah dilengkapi banyak sekali driver hardware-hardware yang sering dipakai dalam sebuah PC. Jika kita memasang alat baru ke komputer kemudian alat sudah siap digunakan maka ini disebut Alat Compatible. Tinggal kita mengupdate drivernya sehingga dapat bekerja secara optimal. Contoh; Flashdisk, Printer LX-300, Monitor, dsb.

iLennotes . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates