Selasa, 08 Oktober 2013

HOME AUTOMATION
 


Zaman memang semakin maju. Teknologi canggih pun telah merambah dunia, dimana sekarang kita bisa memencet sebuah tombol dan dunia akan berada dalam genggaman kita lewat sebuah gadget dalam 1 genggaman, sekarang kita juga bisa mengontrol rumah kita, walau kita berada dalam ribuan kilometer dari rumah.


Kesibukan sehari-hari dalam pekerjaan, sering kali tidak mampu untuk kita terus memantau rumah kita. Memang ada satpam dan pembantu. Ada pula anjing yang akan dengan setia menjaga rumah kita. Tetapi baik satpam, pembantu dan anjing peliharaan, mereka tidak bisa melaporkan sesaat kapanpun mengenai keadaan rumah kita. Kita sendiripun tidak akan sempat untuk menelpon mereka, kecuaIi sudah ada kejadian di rumah. Itu jika kita mampu membayar satpam, atau bisa memelihara anjing. Dan itu benar-benar di ‘land house’, dimana satpam atau seekor anjing bisa dengan nyaman untuk berkegiatan. Tetapi bagaimana jika kita tinggal di sebuah apartemen, dimana biasanya apartemen sekarang hanya cukup untuk keluarga inti tanpa pembantu dan tidak boleh membawa anjing. Walau di apartemen memang lebih aman dibanding dengan ‘land house’, tetapi bukan hanya keamanan  (security) saja yang kita butuhkan, melainkan lebih ke kenyamanan dan keamanan bukan dari pihak luar, tetapi justru dari internal, seperti kebakaran ( safety).

Memang, semuanya mengandung faktor resiko. Semakin maju teknologi, semakin maju pula sistim keamanan dan kenyamanan hidup. Dan tempat yang paling nyaman untuk tinggal adalah rumah atau apartemen. Banyak juga yang mengatakan bahwa sebuah rumah juga harus bisa meningkatkan hidup , dan gaya hidup supaya kita mempunyai kepercayaan diri untuk bisa mengembangkan eksistensi menjadi lebih baik lagi. Jika kita mempunyai tempat tinggal, dan peduli dengan keamanan dan kenyamanan tempat tinggal , atau jika kita seorang arsitek atau desainer, kita harus merencanakan rumah kita, atau bermitra dengan sebuah tim khusus untuk memberikan semua apa yang kita butuhkan

Saatnya kita harus cerdas melangkah, karena untuk membangun tempat tinggal, kita harus menyatukan berbagai disiplin ilmu, termasuk  pencahayaan, keamanan, kenyamaan, pengudaraan atau sekedar hiburan.  Untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, maka dibuatlah Rumah Pintar atau Smart home System.  

Smart home System adalah sebuah sistem berbantuan komputer yang akan memberikan segala kenyamanan, keselamatan, keamanan dan penghematan energi, yang berlangsung secara otomatis dan terprogram melalui komputer, pada gedung atau rumah tinggal. Dapat digunakan untuk menggendalikan hampir semua perlengkapan dan peralatan di rumah Anda, mulai dari pengaturan tata lampu hingga ke berbagai alat-alat rumah tangga, yang perintahnya dapat dilakukan dengan menggunakan suara, sinar merah infra, atau melalui kendali jarak jauh (remote).



Berikut adalah video cara kerja HOME AUTOMATION




































































1 komentar:

kita juga punya nih artikel mengenai 'Otomatisasi', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/7125/1/OTOMATISASI%20RUANGAN%20BERBASIS%20MIKROKONTROLER%20ATMEGA%208535.pdf
trimakasih
semoga bermanfaat

REPLY

iLennotes . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates